Yudistyana's Kitchen: Sup Krim Jagung

Halo! Ada yang di daerahnya masih mengalami hujan?

Di Bontang, belakangan ini kami masih sering merasakan curahan dari langit itu. Waktunya nggak tentu. Kadang siang hari bolong setelah paginya mendung, kadang sore dekat jam pulang, kadang malam setelah jam buka, dan yang paling juara adalah pagi hari setelah sahur sampai lewat jam masuk kantor. Menggoda banget buat di rumah aja nggak sih? :))

Hari ini, hujannya turun dari jam pulang kantor (sekitaran jam 5 sore, jam pulang hari Jumat) sampai setelah Maghrib. Deras pula, nggak bisa ngabuburit sambil nyari takjil.  Jadilah saya berkesempatan mencoba menu baru yang bikin penasaran belakangan ini: Sup Krim Jagung.

Saya mengambil beberapa referensi dari Cookpad walau pada akhirnya ada beberapa bahan dan cara masak yang nggak sesuai dengan referensi itu. Biasalah, kadang suka pengen membuat 'inovasi' sesuai selera sendiri :))

Inilah bahan dan cara memasaknya untuk  dua - tiga orang (yang porsi makannya nggak terlalu banyak hehehe).

Bahan:
1 buah jagung manis, dipipil
Fillet ayam, potong kecil-kecil 
Bawang merah, iris tipis
Bawang putih, iris tipis
2- 3 sendok makan tepung maizena, larutkan dengan air
Susu putih cair
Garam
Merica
Penyedap (bila perlu)
Keju parut (kalau suka)
Seledri (kalau suka)

Cara memasak:
1. Cuci bersih semua daging dan sayuran yang akan dimasak
2. Rebus jagung dan potongan ayam sampai agak empuk. Tambahkan juga irisan bawang merah & putih.
3. Setelah rebusan mulai empuk, tambahkan susu cair, garam, merica, penyedap kalau perlu, dan parutan keju kalau suka. Aduk supaya bumbunya merata.
4. Setelah air mulai mendidih, tambahkan larutan tepung maizena. Aduk terus sampai cairannya jadi mengental. Pastikan juga jagung dan potongan ayam sudah benar-benar empuk dan enak dimakan.
5. Sajikan, tambahkan taburan irisan seledri dan keju parut lagi kalau suka.

Cara memasak ini memang sedikit berbeda dengan yang ada di resep-resep sup krim pada umumnya. Tapi hasil akhirnya tetap layak makan kok. Rasanya juga pas, padahal ketika memasak nggak dicoba karena masih puasa. Sup krim ini juga bisa dilengkapi dengan jamur kancing, bakso, atau topping lainnya sesuai selera.

Selamat mencoba! 



1 comments:

Hi!

All written by Yudistyana. Powered by Blogger.

Hello Guest! :)

Name

Email *

Message *